Jumat, 16 Maret 2012

Akhir yang melegakan

Akhirnya.. perjuangan selama satu tahun ikut di BINCEN (BINUS CENTER) untuk persiapan sertifikasi cisco selesai juga..  Ada rasa lega, lapang, ada juga rasa sedikit kecewa.. 
lega dan lapang karena saya lulus untuk sertifikasi CCNA. 
Sedikit kecewa karena.. hasinya tipis.. nggak perfect :'(
 Kalo boleh saya sarankan untuk instruktur CCNA BINCEN, esok-esok berikan student'nya informasi sebanyak-banyaknya tentang ujian setifikasinya dari awal kita masuk. Gimana trik-trik'nya, lakukan simulasi-simulasi sebanyak-banyaknya sebelum ujian sertifikasi (soalnya kita akhir-akhir kurang simulasinya, iya kan??) malah simulasinya nggak sama kyak sertifikasi. kalo perlu perbanyak latihan dump soal-soal dari awal, begitu selesai bahas materi langsung bahas dump / BAB. (gila semuanya sama persis, cuma di acak aja pilihannya), karena sama percis.. orang nggak ikut kursus'pun bisa, saya ngeluangin waktu 3 minggu untuk latihan dump + konfigurasi). dump untuk latihan dan softwarenya bisa anda lihat di sini

Sedikit cerita suasana ujian. Sabtu, 10 Maret 2012. saya datang ke BINCEN untuk ujian sertifikasi CCNA, udah bikin jadwal dari 2 bulan sebelumnya kalo bakal ujian tanggal segitu. Ada tambahan biaya untuk ujian, kita harus stor debit. Sekarang untuk ujian setifikasi cisco dikenakan biaya $295(parah... mahal'nyaaa, ini faktor utama yg bikin deg-deg'an gawat kalo sampe gagal).  ujian pukul 13.00, pukul 12.00 saya sudah di sana menunggu di ruang tunggu BINCEN. 1/2 satu kita di suruh naik ke lantai 3, kami ujian bertiga. Trus di foto, saya di foto berulang-ulang kali, fotonyo gagal trus (dalam hati udah deg-deg'an karena mau ujian jadi tambah deg-deg'an!! firasat nggak bener neh foto sampe gagal terus :'( ). Selesai foto kita di buka'in computer, g ada tampilan apapun.. cuma username aja. CS'nya bilang kalo dah siap tinggal tekan,ok! trus kita di tinggal. ^_^ ok!
pertama keluar simulasi.. gimana cara-cara ngerja'in soal. next --> total soal ada 48 soal, soal pertama pilihan ganda, gampang.. sama kayak di dump collisio
soal kedua masih pilihan ganda, eh.. sama juga.. eeit tunggu dulu pilihanya di balik..
soal ketiga konfigurasi.. (kaget!! wew.. apa ini...  kok routernya nggak bisa di click, saya oon nggak baca instruksi pass awal, ternyata untuk konfigurasi harus klik komputernya, hati tambah deg-deg'an, secara kurang latihan konfigurasinya.. kebanyakan latihan dump!)
ini tampilan konfigurasi.Bisa di lihat lebih jelas & di bahas di sini.
soal empat, lima, enam, tujuh, dst.. end.. langsung keluar score.. 
hati bimbang pass klik untuk score... soalnya pas konfigurasi ACL.. nggak di save (LUPA!!), lulus nggak ya! next..
keluar 867. Alhamdulillah... 
liat hasil print di bawah.. bener!!! konfigurasi ACLs NAT gwa dapet 0%, apa karena nggak di save ya? apa karena nggak sesuai sama maunya cisco? tapi configurasinya saya check 2x dan jalan. 
yo wisss lah.. dah lewat.... yang penting saya sudah selesai...dan lulus.. semoga ini jadi langkah yang baik untuk kehidupan saya kedepan dan bermanfaat untuk yang lain. Aamin...

 I realy want to say :
Thanks to Allah SWT --> Hanya atas berkat rahmat Allah saya dapat mengikuti ujian.
Thanks to All My family --> Because always support me ^_^
Thanks to my daughter --> Abi kangen nak...
Thanks to 9tut.com --> Anda benar-benar membantu saya untuk lulus, saya akan mendukung terus situs anda.
Thanks to Collisio --> dump anda sangat membantu saya, walau ada beberapa yang salah :)
Thanks to My Instructor --> David, Yuda, Moko udah mau membagi pengetahuan'nya ^_^
Thanks to All My friends --> senasib sepenangunggan..

Next target.. CCNP.. aamin..

1 komentar:

  1. mas tolong bantuanya, hari ini saya lulus exam ccna, trus cara dapetin sertikasi'a gman y ?
    saya sudah masuk akun integral'a tpi g tau request'a dman ?

    fast response y mas
    terima kasih

    BalasHapus