Jumat, 02 Maret 2012

Tutorial VLAN

New Page 1
Pengenalan VLAN

“virtual LAN (VLAN) adalah sebuah group di peralatan network yang berada pada satu broadcast domain, secara logical” apa sih sebenarnya kegunaan VLAN? Apa itu LAN? Seperti yang kita tahu, LAN adalah group networking yang berada pada satu broadcast domain yang sama, misalnya dalam satu gedung terdapat dua LAN murid berada di network 192.168.1.0/24 merupakan LAN_murid, network 192.168.2.0/24 adalah LAN_fakultas.
VLAN adalah grup dari networking device yang berada pada satu broadcast domain, secara logical.
Itu artinya, paralatan yang berada pada VLAN yang sama akan di pisahkan di jaringan, baik secara geography dan lokasi. VLAN adalah logial segment network yang meneruskan paket broadcast domain hanya pada vlan yang sama.
Kita ambil contoh “lihat gambar di bawah” agar lebih mengerti tentang vlan, sebelum teknologi vlan ditemukan untuk memisahkan network antara murid dan fakultas, diperlukan alat yang berbeda.

Murid di lantai atas mengunakan Switch yang terhubung R1, dan fakultas di lantai 3 mengunakan switch yang terhubung ke R1. Setiap latai berada pada satu network, bisa juga host fakultas pindah ke lantai atas, tetapi tetap kabelnya akan terhubung ke swith3 yang berada di laintai 3. Inilah yang terjadi sebelum teknologi VLAN ada.
VLAN dibuat secara logical, sehingga memungkinkan host faculty berada di lantai atas dan langsung terhubung ke switch2. Lihat contoh vlan di bawah.

  Apa keuntungan VLAN?
-          Security --> Group yang memiliki data penting seperti faculty akan terpisah ke student & guest karena berbeda network, walaupun berada di satu device yg sama.
-          Cost Reduction --> lebih hemat karena tidak perlu mengupgrade network dan efficient pengunaan bandwidth dan uplinks
-          Higher performace --> membagi data layer 2 netwrok ke berbagai logical workgroup (broadcast domain) mengurangi lalulintas yang tidak perlu di jaringan, meingkatkan performace.
-          Broadcast storm mitigation --> membagi VLAN otomastis mengurangi perangkat yang berpartisipasi pada broadcast storm
-          Improved IT staff efficiency --> VLAN mudah di manage di network karena, semua policies yang terkonfigurasi akan di implementasikan ketika port di pasang.
-          Project yang simple / mudah memanagement applikasi.
Karakteristik dari VLAN

Catatan:
+ pada switch cisco default VLAN adalah VLAN 1yang terdaftar di semua port à VLAN 1 memiliki semua fitur dari VLAN apa saja, kecuali anda tidak dapat merename dan menghapus. Security yang baik tidak menjadikan default vlan menjadi traffic trunks antar switch.
Native VLAN à digugaskan untuk 802.1Q trunk port. 802.1Q trunk port memungkinkan traffic untuk berbagai macan VLANs (tagged traffic) dan  traffic yang tidak dating dari VLAN (untagged traffic).
 
Perhatikan gambar di atas, pada CCNA exploration:Network Fundamentas, kita belajar tentang beberapa perbedaan traffic yang ada di jaringan. Karena VLAN merupakan karakteristik dari LAN, vlan harus mengakomodasi satu  network tiap satu traffic. Missal voice berada di VLAN 150.
Catatan :
 Cisco Phone adalah switch, cisco ip phone memiliki tiga port 10/100 switch.

Contoh konfigurasi VLAN à pada switch
Mode static :

Konfigurasi di atas menunjukkan bahwa prot fa0/18 di swith digunakan untuk vlan 20, dengan mode access.
Voice mode :

Konfigurasi di atas menunjukkan bahwa port fa0/18 juga menjadi member vlan voice 150.
Command mls qos trust cos à memastikan bahwa voice traffic akan penjadi prioritas traffic. Ingatlah bahwa dalam network porority utama adalah voice traffic.

VLAN TRUNKs
Trunks adalah point-to-point link antara dua network device yang terdapat lebih dari satu VLAN. Lihat gambar di bawah agal lebih jelas tentang vlan trunks.

Berikut contoh untuk mengkonfigurasi trunks
 Contoh untuk memverifikasi konfigurasi trunks

 DPT (Dynamic Trunking Protocol) à merupakan proprietary protocol cisco, switch dari vendor lain tidak support DTP. DTP secara otomatis enable di switch port ketika trunk di konfigurasi di switch port. Fungsinya apa?? Jadi misalnya kita ingin mengkonfigurasi trunk antara 2 switch, kita tidak perlu mengkonfigurasi dua-duanya. Cukup satu switch saja, satunya dynamic otomatis akan ikut trunk. Berikut interaksi dari DPT.
 
+ untuk menghapus VLAN pada global configuration gunakan command no vlan vlan-id
+ Alternatife yang lain untuk menghapus vlan kita bisa men delete flash:vlan.dat di privilege EXEC mode setelah switch di reload configurasi semua vlan akan hilang.

Beberapa permasalahan di vlan dan trunk
 Untuk soal-soal VLAN bisa di lihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar